Proses minyak mentah bertingkat

Adapun proses minyak mentah bertingkat atau yang disebut dengan distilasi bertingkat dan tahapan – tahapan sebagai berikut pertama minyak mentah dipanaskan dalam boiler yang menggunakan uap air yang tinggi sampai suhu 600 C dan uapa minyak mentah tersebut dihasilkan kemudian dialirkan ke bagian bawah menara distilasi.Kedua dalam menara distilasi karena uap minyak mentah bergerak ke atas melewati plat – plat dan setiap pelat memiliki banyak lubang yang dilengkapi dengan tutup gelembung yang memungkinkan uap lewat. Ketiga dalam pengerakanya uapa minyak mentah akan menjadi dingin karena sebagaian uap yang akan mencapai ketinggian di mana uap tersebut akan terkondensasi membntuk zat cair dan zat cair yang diperoleh dalam suatu kisarann suhu tertehtu yang biasa disebut dengan fraksi.

minyak mentah 1Keempat Fraksi yang mengandung senyawa-senyawa dengan titik didih tinggi akan terkondensasi di bagian bawah menara distilasi. Sedangkan fraksi senyawa-senyawa dengan titik didih rendah akan terkondensasi di bagian atas menara.Kelima selanjutnya dengan fraksi dari menara distilasi dialirkan ke bagian kilang minyak lainnya untuk proses konversi.Itulah kelima proses pengolahan minyak mentah yang perlu dilakukan dan tahapan – tahapan ini perlu dilakukan agar dapat menghasilkan sebuah minyak mentah yang berkualitas terbaik sekali.

Proses minyak mentah konversi

proses minyak mentah konversi ini juga dilakukan oleh beberapa tahapan sama dengan proses distilasi bertingkat pertama Perengkahan atau yang disebut dengan CRACKING yang merupakan proses pemecahan molekul besar menjadi molekul-molekul kecil. Contohnya, perengkahan fraksi minyak ringan/berat menjadi fraksi gas, bensin, kerosin, dan minyak tanah.kedua proses reforming yang bertujuan untuk mengubah struktur molekul ramtai lurus menjadi rantai bercabang/alisiklik/aromatic. Contohnya, komponen rantai lurus (c5-c6) dari fraksi bensin menjadi aromatic.

minyak mentah 2Ketiga proses Alkilasi adalah penggabungan molekul-molekul kecil menjadi molekul besar. Contohnya, penggabungan molekul propena dan butena menjadi komponen fraksi bensin. Keempat atau terakhir proses coking yang merupakan proses perengkahan fraksi residu padat menjadi fraksi minyak bakar dan hidokarbon intermediet. Kokas digunakan pada industri alumunium, yaitu sebagai electrode untuk ekstraksi logam Al.itulah proses yang dilakuakn dalam pemngolahan minyak mentah baik proses melalui distilasi maupun proses konversi yang perlu anda lakukan.