Tabung alat pemadam

Tabung alat pemadam untuk rumah anda dan pastinya anda harus melakukan dengan baik agar aman dan mudah sekali pada saat menggunakannya. Untuk mencegah kebakaran adalah salah satu yang mesti diperhatikan terlebih agar terhindar dari kebakaran yang tiba – tiba saja datang tanpa kita duga sebelumnya. Maka kita harus melakukan penyimpanan dengan baik pertama simapn tabung pemadam di dapur adalah tempat yang paling strategis sekali untuk menyimpan tabung pemadam karena biasanya dapur merupakan ruangan yang paling rentan menjadi sumber api.

alat pemadamKedua letakkan di sisi kompor atau di bawah wastafel dengan tujuan apabila sewaktu – waktu terjadi kebakaran khususnya di ruangan dapur maka anda dapat mudah untuk menemukannya serta segera memakainya untuk memadamkan api.

Ketiga gunakan tabung pemadam kelas ABC sebab alat pemadam ini merupakan untuk memadamkan api yang bersumber dari kayu, cairan, kertas ataupun elektronik. Sebab sumber api pada umumnya berasal dari kebakaran kompor ataupun korsleting listrik. keempat selalu cek label secara berkala dan melakukan perawatan, biasakanlah untuk mengecek label serta tekanan secara berkala umumnya satu tahun sekali guna memastikan keadaan alat pemadam api masih layak dipakai atau tidak. Itulah tempat penyimpanan tabung pemadam yang tepat yang bisa anda perhatikan dan jangan sembarangan dalam meletakkan tabung pemadam api agar tidak membahayakan orang disekitar kita.

Perlengkapan alat pemadam

Perlengkapan alat pemadam untuk perlindungan dari kebakaran aktif dan digunakan untuk menanggulangi kebakaran kecil atau dalam kondisi darurat. Biasanya dalam bentuk tabung dengan tekanan tinggi yang berisi bahan pemadam api.

Pada tabung pemadam kebakaran bertekanan (stored pressured), baik media maupun gas penyembur disimpan dalam ruangan (tabung) yang sama. Tentunya gas penyembur yang digunakan sebagai bahan pendorong ini akan berbeda tergantung media pemadam yang digunakan. Contohnya pada alat pemadam yang menggunakan media kimia kering biasanya menggunakan nitrogen sebagai pendorong, sedangkan alat pemadam yang menggunakan media air dan busa (foam) menggunakan udara sebagai bahan pendorong. Alat pemadam api bertekanan adalah yang paling banyak digunakan.

Alat pemadam kebakaran merupakan alat yang dipakai pada keadaan yang sangat terdesak atau biasa di sebut keadaan darurat. Penggunaan Alat pemadam kebakaran pun tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan tata cara menggunakan alat pemadam kebakaran. Alat pemadam kebakaran merupakan tabung yang berisi dengan zat pemadam yang biasa di sebut agen dan berfungsi untuk memadamkan api secara cepat sesuai klasisifikasi jenis benda yang terbakar.